PERGERAKAN MAHASISWA DAN DUNIA KERJA

Posted: Juni 1, 2008 in Politik

Proses pergerakan mahasiswa sudah mencapai titik jenuh, setidaknya ada beberapa hal yang membuat hal ini menjadi semakin nyata baik di universitas ternama ataupun di universitas terkecil sekalipun jika diliat secara kasat mata pun tanpa proses filsafatis berpikir tentang diri dan manusia saat ini. Berkurangnya aksi mahasiswa untuk menyuarakan tentang berbagai ketidakadilan yang banyak terjadi dinegeri ini juga merupakan rahasia umum yang bukan hal yang aneh lagi setidaknya dalam beberapa periode terakhir. Hal ini perlu ditinjau lebih lanjut dan perlu ada pemecahan bersama tentang keadaan mahasiswa saat ini.

Setidaknya ada 3 faktor yang membuat pergerakan mahasiswa saat ini dapat menjadi zaman purba kembali. Pertama, keberhasilan NKK\BKK pada tahun 1975 dalam hal ini keberhasilan pemerintahan orde baru untuk meredam kekuatan mahasiswa dengan dalih fungsi mahasiswa hanyalah belajar agar menjadi orang yang intelek, akan tetapi dalam proses kehidupan nyata setidaknya kepintaran sesorang bukan menjadi jaminan mereka dapat hidup dengan layak, masih banyak sisi lain yang harus diasah ketika menjadi mahasiswa entah dengan ikut organisasi apapun yang dapat merubah sikap mental sehingga menjadi lulusan yang berkualitas dengan sikap mental yang tangguh karena telah dilatih pada “ kawah chandradimuka” ( baca: dunia pergerakan kampus)Dengan adanya sistem NKK\BKK yang membuat adanya “ritme tetap” mahasiswa menjadi akademistik ataupun sok akademik menjadikan organisai kemahasiswaan menjadi kurang laku dengan alasan mahasiswa ingin lulus cepat dan kerja.

Faktor kedua, lagi-lagi merupakan usaha pemerintah untuk meredam kekuatan mahasiswa, mahalnya biaya pendidikan membuat mahasiswa saat ini tidak ingin berlama-lama dikampus dikarenakan faktor ekonomi mereka yang tidak ingin banyak keluar biaya, mungkin hal ini yang membuat pendidikan gratis dinegeri yang sekaya ini tidak pernah diakusisi oleh pemerintah karena dengan semakin gratisnya maka mahasiswa otomatis tidak terlalu berpikir mengenai biaya dan kuliah mereka akan tetapi pasti berpindah pada pola pencarian skill yang dapat digunakan didunia kerja nanti. Sehingga ketakutan terbesar pemerintah akan adanya gelombang pergerakan mahasiswa akan terjadi lagi.

Faktor ketiga, Kekakuan berpikir mahasiswa saat ini menjadikan dunia kampus sepi akan suara mahasiswa, proses berpikir yang dibangun karena mahalnya biaya pendidikan dan NKK\BKK menjadikan mahasiswa saat ini menjadi mahasiswa pragmatis tanpa mengetahui bahwa dunia kampus merupakan “miniatur kehidupan sesungguhnya” , mereka tidak menyadari kebenaran falsafah pengalaman merupakan guru yang terbaik terjadinya didunia mahasiswa, mengapa? Karena dalam otak terdapat bagian yang menyimpan memori sehingga apapun kegiatan dimasa datang akan tetapi mirip dengan hal yang kita lakukan pada saat yang lalu maka secara otomatis otak akan menunjukan jalan yang harus ditempuh dengan tambahan aksesori yang lain.

Mereka tahu bahwa dunia kerja merupakan dunia organisasi sehingga perlu ada latihan organisasi yang harus dilakukan ketika masih menempuh proses pembelajaran sehingga memori otak tersebut akan berjalan ketika kita menghadapi masalah yang mirip dengan masalah yang kita alami pada saat masih berada di organisasi kemahasiswaan. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan dunia pengangguran menjadi semakin bertambah penghuninya, tidak adanya soft skill, sikap mental, yang harusnya ada pada lulusan yang ber IPK 3,5 keatas tidak terjadi pada lulusan mahasiswa saat ini, hal ini menunjukan bahwa dunia pergerakan mahasiswa berbanding lurus dengan dunia kerja, semakin mentalnya terlatih di dunia mahasiswa maka akan semakin terlatih juga dia didunia kerja, hal ini terbukti dengan 80% pekerja tingkat atas ( tidak termasuk buruh) merupakan orang yang pernah menduduki posisi penting didunia pergerakan mahasiswa, mental terlatih, soft skill terlatih, komunikasi terhadap orang banyak terlatih menjadikan orang yang berorganisasi merupakan orang-orang yang akan mengendalikan dunia dengan pengalaman dan kepintarannya dan akan semakin jauh meninggalkan orang yang tidak berorganisasi Jadi apakah pilihan anda mahasiswa? Menjadi orang yang mengendalikan dunia atau menjadi orang yang dikendalikan oleh dunia dan manusia yang lain. PILIHAN ADA DITANGAN ANDA!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s