Filsafat Jawa

Posted: Juni 14, 2008 in Filsafat
Tag:,

Kelangan sakehe raja brana ateges ora kelangan apa-apa, kelangan nyawa iku tegese mung kelangan separo, kelangan kepercayaan iku tegese kelangan sakabehe

walapun aku bukan orang jawa tapi aku coba mengartikan dalam persepsi filsafatku nih
ni dia artinya menurut gw:

Dalam pandangan ini, harta tidak terlalu dinilai tinggi, boleh banyak hartamu tetapi kalau kamu tidak dapat dipercaya kamu adalah orang yang tidak berharga dan tidak mempunyai apa-apa lagi.

Nyawa adalah suatu yang transenden. Nasib nyawa itu tidak dapat diukur secara empiris dan imanen, setelah kehilangan nyawanya, manusia mati, dan mungkin ia doganjar kehidupan abadi.

Adalpun kepercayaan sangat imanen, empiris dan social relasional. Ada tidaknya nyawa tidak pernah diukur tetapi ada tidaknya kepercayaan itulah yang menentukan kualitas kehidupan mkanusia dan masyarakatnya

Komentar
  1. Rachmad mengatakan:

    Pren,, bagus tuh tulisanmu. saranku alangkah baiknya klo artikel yang diambil dari buku atau sumber apapun sebaiknya dicantumkan juga literaturnya biar gak terkesan plagiat. ok?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s