Arsip untuk Juni, 2010

Dunia perbankan saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, walaupun di Indonesia terkena Kasus Century tapi tak menyurutkan Niat banyak orang untuk menyimpan uangnya di Bank..bank apapun itu sehingga usaha perbankan dirasa masih menguntungkan bagi dunia bisnis. di Indonesia ada beberapa bank besar yang sangat berpengaruh pada kondisi keuangan negara ini ada BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan masih banyak lagi yang lain yang sama menguntungkan.

Akan tetapi perlu diingat bahwa bank dengan bunganya yang baik besar ataupun kecil menimbulkan sedikit polemik yang sangat tidak mengenakan, bahwa “BUNGA BANK adalah HARAM” mengingat negeri ini adalah negeri yang agamanya mayoritas muslim, otomatis penempelan istilah HARAM pada Bunga bank sedikit mempengaruhi keinginan masyarakt untuk bertransaksi perbankan, takut dosa kali ya.. hehehe

akhirnya bank-bank di Indonesia mulai berafiliasi membentuk yang namanya Bank Syariah, otomatis penguasanya tetap saja bank-bank ternama di negeri ini, walaupun katanya sudah berbeda manajemen tetapi masih merupakan satu kesatuan. tetapi secara hitung-hitungan bisnis sih tetap saja bisnis syariah menguntungkan..faktor Strength yang paling mendasar adalah penduduk negera ini yang mayoritas muslim, sehingga fanatisme agama diharapkan akan menjadikan masyarakat lebih suka bertransaksi dengan hal-hal yang berpotensi menimbulkan Bid’ah

sehingga apa sih sebenarnya Bank Syariah itu?? Mungkin kita bisa sedikit flashback sebelum membahas lebih jauh..sedikit jauh tapi mungkin bisa sedikit menjadi tolak piker awal kita tentang perbankan syariah, yaitu pada zaman Rasululah

Secara umum bank adalah lembaga yang melaksanakan tiga fungsi, yaitu menerima simpanan, meminjamkan, dan memberikan jasa pengiriman uang. Praktik seperti menerima titipan& meminjamkan harta untuk kepentingan bisnis, serta memberikan jasa pengiriman uang adalah suatu hal yang lazim telah dilakukan oleh Rasul dan para sahabat.

Rasululah yang di kenal dengan julukan Al Amin, dipercaya oleh masayrakat Mekkah menerima simpanan harta, sehingga pada saat terakhir sebelum hijrah ke Madinah, beliau meminta Ali bin Abi Tahlib untuk mengembalikan seluruh titipan harta tersebut. Dan dalam konsep ini,pihak yang dititipi tidak berhak untuk memanfaatkan harta titipan tersebut.

Namun seorang sahabat, Zubair bin al Awwam memilihtidak menerima titipan harta tersebut dalam bentuk titipan, tetapi ia memanfaatkan harta itu sebagi pinjaman, sehingga menimbulkan implikasi yang berbeda, 1. Dengan mengambil uang tersebut sebagai pinjaman, maka ia berhak memanfaatkannya, 2. Karena berbentuk pinjaman maka ia wajib mengembalikan pinjaman tersebut secara utuh. Dalam riwayat lain Ibnu Abbas juga pernah melakukan pengiriman ke Kufah.

 

Dengan demikian jelas bahwa pada zaman Rasulullah praktik perbankan telah ada. Dan pada masa Rasul, satu orang individu melakukan satu atau dua pekerjaan. Usaha modern pertama yang dilakukan untuk mendirikan bank tanpa bunga adalah Malaysia pada pertengahan tahun 1940, namun usaha ini tidak sukses. Eksperimen lain dilakukan di Pakistan pada akhir tahun 1950-an, dimana didirikan suatu lembaga perkreditan tanpa basis bunga

Namun demikian, eksperimen yang paling sukses dan inovatif di masa modern dilakukan di Mesir tahun 1963 dengan berdirinya Mit Ghamr Local Saving Bank. Karena kekacauan di Mesir,maka Mit Ghamr Bank mengalami kemunduran dan digantikan oleh National Bank of Egypt dan Bank Sentral tahun 1967 yang ternyata mengembalikan prinsip bunga. Namun pada tahun 1971 melalui rezim Sadat dengan mendirikan Nasser Social Bank, maka konsep Nir-Bunga pun kembali dipraktikan, seperti apa yang dipraktikan oleh Mit Ghamr Bank.

Kesuksesan Mit Ghamr Bank ini menjadi inspirasi bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ketika OKI akhirnya terbentuk, serangkaian konferensi Internasional mulai diadakan, di mana salah satunya adalah mendirikan Bank Islam yang pada akhirnya terbentuklah IDB pada bulan Oktober 1975 yang beranggotakan 22 negara Islam pendiri

Akan tetapi, dewasa ini masih terdapatnya berbagai kontroversi terhadap keberadaaan dan sistem operasional Bank Syariah, diantaranya: Kontroversi tentang bunga bank, penghitungan bagi hasil, system akuntasi berbasis kas dan akrual dan istilah-istilah yang tidak lazim digunakan oleh bank pada umumnya. Kelemahan selanjutnya adalah mengenai system bagi hasil pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah. Hal ini sangat tergantung terhadapa kejujuran para nasabah. BS di Indonesia masih banyak memerlukan perangkat baik lunak maupun kasar untuk setidaknya menyamai system operasional bank konvensional.

Nah yang paling mencengangkan !!! adalah Hasil survey yang dilakukan BI di lima Provinsi menunjukkan rendahnya pemahaman masyarakat tentang produk dan manfaat Perbankan Syariah, hal ini menunjukkan bahwa Bank Syariah belum tersosialisasi dengan baik.

Ini dya nih POINT Penting yang harus kita perdalam selain kelemahan yang saya coba ungkap diatas melalui sedikit baca-baca di beberapa tempat. Mengapa rakyat masih belum paham..padahal ini SYARIAH LOH .negara Indonesia ini negara yang masyarakatnya menganut agama islam paling banyak di dunia..ini Syar’I Tapi kok Nasabahnya Kurang..ini salah dengan nilai dasar awal pembuatan bank syariah ini, harusnya secara kasar SEMUA penduduk yang beragama islam harus memakai perbankan syariah.. karena landasannya Al Qur’an dan Hadits..nah lo ini salah sapa..

Jadi menurut pendapat saya pribadi, Corporate responsibility bank syariah masih sangat kurang, seharusnya perbaikan system perbankan dilakukan sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR)  BANK SYARIAH yang mengarah pada perbaikan AKIDAH negeri ini..itu titik pentingnya..karena AKIDAH ISLAM negeri ini masih sangat kurang untuk memakai hal yang berbau AKIDAH agamanya sendiri..

tulisan ini dapat dilihat di website kompasiana.com dalam rangka diikutkan dalam IB Blogger Competition.silahkan klik Link ini…ARTikel Kompasiana

Iklan

Kemunculan video hot yang pelakunya mirip artis Luna Maya dan pacarnya, Ariel di dunia maya menjadi buah bibir masyarakat. Memenuhi rasa penasaran kebenaran video tersebut, sejumlah media pun berusaha menanyakan keaslian sosok dalam video tersebut kepada pakar telematika, Roy Suryo.

Roy Suryo merupakan orang yang kerap dijadikan nara sumber berhubungan dengan teknologi, terutama video dan photografi. Namun kepada KapanLagi.com melalui pesan singkat, anggota DPR RI itu menolak memberikan komentar dengan sejumlah alasan.

Belakangan di beberapa infotainment, muncul pakar IT (Information technology) lain yang mengomentari video tersebut. Pendapat sang pakar ini menjadi berita yang meyakini bahwa pelaku di video hot tersebut adalah pasangan selebritis Ariel dan Luna Maya.

Pendapat pakar berkaca mata itu disambut ‘sumbang’ oleh Roy Suryo. Pasalnya, menurutnya belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa gambar tersebut asli Luna dan Ariel. Sehingga tidak bisa menghakimi keduanya.

“Saya masih di Amsterdam sampai dengan 13 Juni, seharusnya yang mengaku-ngaku pakar IT tidak sembarangan menjustifikasi video mirip LM – A, kecuali sudah ada bukti-bukti ilmiah metadatanya,” ujar pakat yang kerap mengomentari foto dan video hot artis ini,

Berita di atas ada Di Kapanlagi.com, dan terlihat kalau si Bos Telematika kita gak berani berkomentar..aneh?? kan dya byasanya rajanya komentar video artis…ada Apa nih…apa mungkin tu Video bener??

Aku beneran pengen tau kalo si Roy Suryo emang idealis atau gak…kalo sampe dya mengatakan hal yang menurut para ahli diluar fakta…wah…Roy Suryo Bisa Saja jadi bulan-bulanan media….ayo blogger desek si Roy Suryonya..ya kayak dulu gitu heheheh

Bagi anda pencinta sepakbola khususnya piala dunia 2010,jadwal siaran langsung piala dunia 2010 di Afrika Selatan dapat dilihat dibawah ini.

GRUP A
Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
1 11.06.10 Afrika Selatan vs Meksiko 18.30 wib RCTI
1 12.06.10 Uruguay vs Perancis 00.30 wib RCTI
6 17.06.10 Afrika Selatan vs Uruguay 00.30 wib RCTI
6 18.06.10 Perancis vs Meksiko 00.30 wib RCTI
12 23.06.10 Meksiko vs Uruguay 03.30 wib RCTI
12 22.06.10 Perancis vs Afrika Selatan 20.00 wib RCTI

GRUP B

Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
2 12.06.10 Argentina vs Nigeria 20.15 wib RCTI
2 13.06.10 Korea Selatan vs Yunani 00.30 wib RCTI
7 17.06.10 Yunani vs Nigeria 20.15 wib RCTI
7 18.06.10 Argentina vs Korea Selatan 03.30 wib RCTI
12 23.06.10 Nigeria vs Korea Selatan 07.00 wib RCTI
12 23.06.10 Yunani vs Argentina 00.30 wib RCTI

GRUP C
Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
2 13.06.10 Inggris vs Amerika 01.30 wib RCTI
3 14.06.10 Aljazair vs Slovenia 03.30 wib RCTI
8 18.06.10 Slovenia vs Amerika 20.15 wib RCTI
8 19.06.10 Inggris vs Aljazair 00.30 wib RCTI
13 23.06.10 Slovenia vs Inggris 20.00 wib RCTI
13 24.06.10 Amerika vs Aljazair 03.30 wib RCTI

GRUP D

Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
3 14.06.10 Jerman vs Australia 00.30 wib RCTI
3 13.06.10 Serbia vs Ghana 20.15 wib RCTI
8 19.06.10 Jerman vs Serbia 00.30 wib RCTI
9 19.06.10 Ghana vs Australia 20.15 wib RCTI
13 24.06.10 Ghana vs Jerman 00.30 wib RCTI
13 24.06.10 Australia vs Serbia 07.00 wib RCTI

GRUP E


Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
4 15.06.10 Belanda vs Denmark 03.30 wib RCTI
4 14.06.10 Jepang vs Kamerun 20.15 wib RCTI
9 20.06.10 Belanda vs Jepang 03.30 wib RCTI
9 20.06.10 Kamerun vs Denmark 00.30 wib RCTI
14 25.06.10 Denmark vs Jepang 07.00 wib RCTI
14 25.06.10 Kamerun vs Belanda 00.30 wib RCTI

GRUP F

Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
4 15.06.10 Italia vs Paraguay 00.30 wib RCTI
5 16.06.10 Selandia Baru vs Slovakia 03.30 wib RCTI
10 21.06.10 Slovakia vs Paraguay 03.30 wib RCTI
10 20.06.10 Italia vs Selandia Baru 20.15 wib RCTI
14 24.06.10 Slovakia vs Italia 20.00 wib RCTI
14 25.06.10 Paraguay vs Selandia Baru 03.30 wib RCTI

GRUP G
Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
5 15.06.10 Pantai Gading vs Portugal 20.15 wib RCTI
5 16.06.10 Brazil vs Korea Utara 00.30 wib RCTI
10 21.06.10 Brazil vs Pantai Gading 00.30 wib RCTI
11 22.06.10 Portugal vs Korea Utara 03.30 wib RCTI
15 25.06.10 Portugal vs Brazil 20.00 wib RCTI
15 26.06.10 Korea Utara vs Pantai Gading 03.30 wib RCTI

GRUP H

Hari Tanggal Jam Stasiun Ket
live Live live Tunda
6 17.06.10 Honduras vs Chili 03.30 wib RCTI
6 16.06.10 Spanyol vs Swiss 20.15 wib RCTI
11 21.06.10 Chili vs Swiss 20.00 wib RCTI
11 22.06.10 Spanyol vs Honduras 00.30 wib RCTI
15 26.06.10 Chili vs Spanyol 00.30 wib RCTI
15 26.06.10 Swiss vs Honduras 07.00 wib RCTI

Babak kualifikasi Piala Dunia 2010 usai sudah 32 negara beruntung bisa lolos setelah berjibaku tuk meraih tiket ke Afrika Selatan. Kini perhelatan sepak bola terbesar itu tinggal menunggu waktu , pembagian group telah ditetapkan, jadwal telah ditentukan dan para mania bola telah bersiap untuk begadang menyaksikan para bintang beraksi dilapangan dan inilah Group Dan Jadwal World Cup 2010 South Africa,

Pembagian Group :

Group A  :  1. Afrika Selatan , 2. Meksiko,  3. Uruguay ,  4. Perancis
Group B  :  1. Argentina , 2. Nigeria  , 3. Korea Selatan ,  4. Yunani
Group C  :  1. Inggris  , 2. Amerika Serikat ,  3. Aljazair ,  4. Slovenia
Group D  :  1. Jerman , 2. Australia , 3. Serbia , 4. Ghana
Group E  :  1. Belanda , 2. Denmark , 3. Jepang , 4. Kamerun
Group F  :  1. Italia  ,  2. Paraguay,  3. Selandia Baru  ,  4. Slovakia
Group G  :  1. Brasil ,  2. Korea Utara ,  3. Pantai Gading ,  4. Portugal
Group H  :  1. Spanyol, 2. Swiss ,  3. Honduras ,  4. Cile

Jadwal Pertandingan (lebih…)


Jakarta – Ajang Piala Dunia 2010 belum juga digelar, namun tim matador Spanyol sudah diprediksi menjadi juara setelah berhasil mengalahkan tim samba Brasil dengan skor 3-1 di final. Prediksi ini keluar dari hasil simulasi game FIFA 2010 yang dikembangkan EA Sports. Benarkah Spanyol nantinya bakal juara? (lebih…)

Jakarta – Aksi protes terhadap Israel di internet terus berlanjut dan makin berani. Tak hanya situs Israel biasa yang dijahili, konon hacker Indonesia mulai berani menjahili situs milik agen rahasia Mossad.

Selama beberapa saat, situs milik agen rahasia Israel ini sempat menampilkan bendera Indonesia yang bersanding dengan bendera mirip Palestina. Kabar ini detikINET terima dari kiriman email pembaca, Minggu (6/6/2010). (lebih…)

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan.

Senja  di Senggigi sungguh menawan dan sangat romantis, merah bagai   tebaran pesona cinta alam semesta

Senja di Senggigi sungguh menawan dan sangat romantis, merah bagai tebaran pesona cinta alam semesta

(lebih…)

Amerika Serikat berdiri kurang lebih 450 tahun yang lalu. Dimana saat itu ditetapkannya pula mata uang Amerika Serikat yang berwarna hijau itu. Dan sejak 450 tahun yang lalu pula mata uang Amerika tidak pernah direvisi.Sekarang coba kita telaah mata uang yang sejak 450 tahun yang lalu itu belum berubah bentuknya.
Dimulai dari uang 20 Dolar.

(Ingat bahwa mata uang ini belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu)

(Kalo pas kebetulan kamu sedang mengantongi uang 20 USD, boleh langsung dicoba)

Sekarang kita coba lipat.(Sekali lagi saya ingatkan bahwa mata uang ini belum pernah dirubah sejak 450 tahun yang lalu.)

Selanjutnya kita lipat lagi. (kita bukan sedang belajar membuat origami ) !)

Kalau sudah, sekarang coba buat lipatan seperti dibawah ini, dan lihat hasilnya.. Lihat gambar pada bagian yang dilingkari ini.

What you got?!
Pada bagian gambar yang dilingkari tersebut terlihat sama dengan gambar gedung yang berasap yang ada disampingnya. Jelasnya, keadaan Pentagon setelah ditabrak pesawat.

Kalau masih belum percaya, kita coba perjelas lagi . . .

Gambar terlihat sama tidak?? (lebih…)

Kemarin dulu gw iseng ngecek email yang memang khusus gw buat main2 atau iseng-iseng di internet..dan tiba-tiba inbox gw yang paling atas ada kiriman video…

wah gw sih rada malas sebenarnya ngedownload.. pikirku palingan video luc-lucuan…tapi pas liat judul filenya..wooo..Luna aril in action.. hahahaha.. dalam hati gw berpikir..ada lagi kerjaan teman-teman hacker nih..

atau yang paling santer palingan si Roy suryo tampil lagi mencoba menjelaskan itu asli apa palsu.. wah.. gw download akhirnya.. dan gw liat…(Tanpa bermaksud untuk Prono loh) gw perhatiin.. Mirip banget ama luna…

wah-wah..hatiku langsung kecewa berat nian..luna maya bok..ada juga yang giniannya ternyata..

terus akhirnya gw liat di gosip2..wah-wah..rame nih.. dan si Luna maya bilang itu bukan dya.. tapi kalo menurut gw si Luna liatin aja ada gak di bagian tubuhnya ada tatonya…kalo gak ada berarti bukan luna..

tapi kalo ada tatonya… nah loooo….LUNA…..ARIL>>>.hahaha